Daftar Aplikasi yang Dapat Kita Pakai Untuk Membuat Simulasi Jaringan Adalah

IP (Internet Protocol) ialah sebuah prosedur yang dipakai sebagai alamat analisis untuk setiap computer atau host pada suatu jaringan. Pada kehidupa satu hari – hari yang kuat hubungannya dengan pemakaian computer dan jaringannya, ketrampilan untuk lakukan seting IP sangat penting. Tetapi, beberapa pegiat di dunia informatika sering kurang berminat untuk pelajari materi ini. Maka dari itu, diperlukan satu media interaktif yang bisa menggerakkan ketertarikan untuk pelajari pengetahuan mengenai seting IP dan subnetting. Ada banyak aplikasi yang dapat kita pakai untuk membuat simulasi jaringan.

Jaringan memang bagus sekali untuk di dalami apa lagi memang saat ini segalanya serba jaringan. Tetapi sering kita kesusahan untuk pelajarinya karena kebatasan alat dan perlengkapan yang harga lumayan. Tetapi tak perlu kawatir beragam software simulasi jaringan sekarang telah banyak tersebar. Berikut aplikasi simulasi jaringan yang dapat anda pakai.

1. Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah tool yang dipakai untuk lakukan simulasi satu jaringan computer. Dengan menggunakan tool ini , kita dapat lakukan simulasi komposisi pada piranti jaringan seperti aslinya. Cukup mengirit bujet kan? ? hehe. Tapi , tool ini juga ada kekurangannya, yakni komposisi pada beberapa piranti ditiadakan , yakni pengurangan command pada Cisco IOS.

2. GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) ialah software simulasi jaringan computer berbasiskan GUI yang serupa dengan Cisco Packet Tracer.

Pada GNS3 memungkinkannya simulasi jaringan yang komplek, karena memakai operating sistem asli dari piranti jaringan seperti cisco, juniper, Mikrotik, dan lain-lain. Hingga kita ada pada keadaan lebih riil dalam mengonfigurasikan router langsung dibanding di Cisco Packet Tracer. Yang lebih luar biasanya kembali, simulasi jaringan yang kita bikin bisa disambungkan ke jaringan riil, jadi seperti belajar dalam lab virtual.

3. Cisco Aspire CCNA Edition

Cisco CCNA Aspire Edition ialah games pembelajaran berbasiskan simulasi, paling dekat dalam jenis untuk simulasi vital dan games quest. Cisco CCNA Aspire Edition ditujukan untuk memberi pemakai peluang untuk meningkatkan ketrampilan tehnis mereka.

Cisco CCNA Aspire Edition mempunyai media-fidelity, jaringan-mampu, lingkungan evaluasi berbasiskan simulasi yang memungkinkannya pelajar untuk membuat jaringan, mengonfigurasikan, dan tangani permasalahan jaringan computer di tingkat CCNA Cisco ® komplikasi.

4. IPSims

Dalam permainan yang dengan judul IPSims ini, pemain ditempatkan pada simulasi jaringan computer, seperti jaringan computer di dunia riil, pemain harus memberi alamat IP, subnet mask, dan gateway secara benar pada setiap – setiap router dan host yang ada di setiap stage.

Mekanisme permainan games ini sendiri ialah memasangkan di antara jawaban dan masalah. Panduannya datang dari grafik jaringan yang terlihat pada setiap stage. Pemain dikasih waktu 5 menit untuk menuntaskan setiap stage. Makin cepat pemain menuntaskan stage, score yang didapatkan makin besar.

IPSims diperlengkapi dengan feature unggah skor online, hingga pemain bisa memperlihatkan nilai yang sudah diraih ke pemain yang lain. Selainnya bisa mengunggah skor, pemain dapat memperlihatkan nilainya lewat posting di Twitter, Facebook, atau MySpace. Dengan feature ini, pemain dapat memberi rintangan ke rekan – temannya lewat posting lewat situs media sosial itu, dengan begitu, semakin bertambah orang yang berasa ditantang dan coba permainan ini.

Software tidak dapat di Ambil karena peningkatan / pembikinan stop,

5. iNetwork

iNetwork sebagai interaktif learning yang mengajari pemakai mengenai jaringan. Aplikasi ini diperkembangkan di University of Technology Sydney (UTS) oleh mahasiswa yang hendak menuntaskan sarjananya, salah satunya Minh Trieu, Joel Baltaks, Melissa Ye, John Ton, Peter Huynh, Peter Luong. Ada yang mengenal tidak ya …. Big Smile

iNetwork dibikin memakai bahasa C#.NET Frame-work. Langkah memakainya juga gampang, karena dibikin berbasiskan GUI . Maka tinggal pakai mouse dan klik-klik dalam menu yang ada. Aplikasi ini portable, jadi tak perlu lakukan instalasi, cukup lakukan konsentrat, selanjutnya lakukan file iNetwork Simulator.exe

6. Netnotep Simulator

Hampir serupa dengan INetwork tetapi ini lebih sederhana dan simpel tetapi cukup untuk dicoba. Netnotep dapat anda pakai untuk membikin Rencana Jaringan Untuk Perusahaan, Warnet dll. Disamping itu Kita Dapat Presentasi dengan Memakai Aplikasi itu dan menerangkan satu-satu. Software ini gratis dan benar-benar gampang dan hasilnya juga maksimal.

7. Boson Netsim

Bila Packet Tracer sebagai software simulasi jaringan, Boson Netsim sebagai Router Simulator yakni simulasi yang khusus untuk Router. perlengkapan yang ada di sini yang jelas ialah Router, ada beragam Seri dimulai dari Seri 800, 1000, 1600 1700, 2500, 2600, 3600, 4500. Selainnya Router ada juga Switches ada beragam Seri salah satunya Seri 1900, 2900, 3500. Untuk Connectornya yakni Ethernet, Seri, ISDN. Disamping itu masing-masing pelatan diperlengkapi dengan Info tentang Class, Speed, Mode. Dasarnya siplah buat anda yang ingin belajar configurasi Router.

8. Virtualbox dan Mikrotik

VirtualBox ialah sebuah software untuk memasang mekanisme operasi lewat virtual. Dengan karakternya yang virtual memiliki arti virtualbox bisa dipakai sebagai media untuk mengeksplore beragam jenis software baik itu mekanisme operasi, software-software tertentu dengan basis tertentu, bisa juga dipakai untuk melakukan simulasi jaringan tanpa device-device network fisik yang hendak tekan ongkos uji coba (alias irit).

Sebuah jaringan computer tidak terlepas dari interface-interface sebagai media komunikasi antara piranti/host, virtualbox menampung hal tersebut dengan sediakan sarana seting interface/adapter jaringan. Ada banyak type adapter jaringan, type-tipe itu ialah:

NAT : Type ini akan mengakibatkan host virtual bisa lakukan ping ke host riil dan tidak sebaliknyaBridge.

Bridge : Type ini mengakibatkan semua host baik host virtual atau host riil bisa sama-sama ping.

Intern Network : Type ini akan mengakibatkan cuman host-host dilingkungan virtual saja yang dapat sama-sama berbicara (ping).

Untuk Software Virtual tidak cuma VirtualBox saja namun tetap ada beberapa puluh software yang lain yang sama seperti VMWare