Penyebab Aplikasi Tidak Terinstal di HP Android

Android adalah mekanisme operasi yang terbanyak dipakai dan di gemari oleh juta-an pemakai di penjuru dunia. Dengan memakai Google Play Store, Anda bisa memasang aplikasi dan games terbaik dengan gampang dan aman. Tetapi, bagaimana bila saat memasang aplikasi justru ada error “Aplikasi tidak terinstal” atau dengan bahasa inggris nya App not Installed? Apa penyebab aplikasi tidak terinstal? Tentu kebingungan kan? Tenang, di sini Kita akan menolong Anda belajar langkah menangani aplikasi tidak terinstal di HP Android.

Apa Itu Error Aplikasi Tidak Terinstal?

Pengalaman pemakai Android seutuhnya didasari pada aplikasi Android . Maka, penting untuk memasang aplikasi yang pas untuk memperoleh pengalaman terbaik.

Kekeliruan aplikasi tidak terinstal ialah kekeliruan umum pada mekanisme Android dengan tidak meluluskan Anda memasang file APK tertentu. Permasalahan ini awalnya cuman hanya terjadi di beberapa versus Android yakni, KitKat, Lollipop, dan Marshmellow tapi saat ini juga mulai ada di versus yang lebih baru.

Tidak ada keterangan atau argumen kenapa error dapat terjadi. Kekeliruan aplikasi tidak terinstal bisa terjadi pada piranti Android apa saja, apa itu handphone, tablet, atau bahkan juga emulator.

Maka penting untuk ketahui mengenai jalan keluar untuk melakukan perbaikan. Sebelumnya, Anda harus pahami kenapa kekeliruan ini ada.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Untuk membenahi kekeliruan ini secara efektif, Anda perlu lebih dulu pahami kenapa kekeliruan ini ada. Ada banyak peluang pemicu permasalahan Android yang mengusik ini. Silahkan kita saksikan beberapa pemicu umum untuk kekeliruan aplikasi tidak terinstal.

  • File APK belum didownload seutuhnya atau hancur
  • Kurang cukup ruangan penyimpanan pada piranti Anda. Ruangan penyimpanan piranti Anda nyaris penuh
  • Lokasi (piranti / Kartu SD) di mana Anda berusaha untuk memasang aplikasi tidak betul
  • Penyimpanan (piranti/Kartu SD) hancur
  • Ada benturan APK Signature/Certificate antara versus aplikasi. Atau, aplikasi tidak diberi tanda tangan
  • Tempat lokasi Anda coba memasang aplikasi terpasang di lain tempat
  • Keamanan Google menahan penginstalan
  • Kekeliruan mekanisme operasi tidak mungkin Anda untuk memasang aplikasi

Itu beberapa pemicu umum timbulnya permasalahan aplikasi tidak terinstal di piranti Android Anda.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Sesudah lakukan research, kami sudah mendapati jalan keluar terbaik untuk singkirkan permasalahan ini. Bila Anda ketahui kenapa kekeliruan ada di piranti Android Anda, Anda bisa secara mudah menanganinya. Atau, Anda cukup coba jalan keluar satu per satu sampai permasalahan lenyap.

Solusi-solusi yang ada berikut ini bisa juga Anda aplikasikan di semua type HP Android. Misalnya Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, Vivo, Lenovo, Huawei, dan sebagainya.

1. Restart & Instal Aplikasi Dalam Mode Pesawat

Langkah paling cepat untuk menangani permasalahan ini ialah mengawali ulangi piranti Anda dan memasang aplikasi dalam model pesawat (Airplane Model). Agar kami terangkan dengan singkat.

Pertama, re-start piranti Android Anda. Saat ini hidupkan model pesawat. Seterusnya, ketok file APK dan instal. Bila Anda menyaksikan perintah “Dikunci oleh Play Proteksi”, pencet tombol “Masih tetap Instal”.

Sesudah aplikasi sukses diinstall, matikan model pesawat. Jalan keluar ini bekerja yang baik untuk mayoritas pemakai.

2. Reset Preferensi Aplikasi

Jalan keluar gampang yang lain untuk membenahi kekeliruan ini ialah atur ulangi semua opsi aplikasi dari Penataan. Turuti beberapa langkah ini untuk ketahui langkah melakukan.

  • Membuka aplikasi Penataan di piranti Anda
  • Ketok Aplikasi
  • Seterusnya, ketok Urus Aplikasi
  • Seterusnya, ketok Reset Opsi Aplikasi
  • Sesudah memverifikasi, ketok Reset Aplikasi

Saat ini coba instal file APK yang tampilkan kekeliruan.

3. Izinkan Menginstal Aplikasi dari Sumber Yang Tidak di Ketahui

Secara standar mekanisme Android memblok aplikasi dari resource selainnya Play Store . Maka, bila Anda belum meluluskan instalasi dari sumber yang tidak dikenali, karena itu Anda kemungkinan kerap menyaksikan kekeliruan ini.

Untuk melakukan perbaikan, Anda harus meluluskan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak dikenali. Turuti beberapa langkah ini untuk melakukan.

Hanya itu. Saat ini coba instal file APK dan saksikan apa kekeliruan lenyap.

4. Matikan Google Play Protect

Google bisa memblok file Aplikasi tertentu dari instalasi karena argumen keamanan . Maka, bila ingin menginstal, Anda harus menonaktifkan feature Google Play Proteksi lebih dulu. Turuti beberapa langkah berikut untuk melakukan.

  • Membuka Play Store di piranti Anda
  • Ketok pertanda ≡ yang berada di atas kiri monitor atau cukup gesek dari pinggir kiri ke kanan
  • Saat ini dapatkan dan ketok Play Proteksi
  • Seterusnya, pencet icon Penataan (gerigi) yang berada di pojok atas kanan monitor
  • Disini, non-aktifkan scan aplikasi dengan Play Proteksi dengan geser tombol sakelar

Usai. Saat ini coba instal file Aplikasi yang memiliki masalah.

Catatan: Ingat jika Anda harus aktifkan kembali feature ini sesudah memasang aplikasi karena penting untuk keamanan piranti Anda.

5. Edit Kode Aplikasi

Bila tidak ada sistem di atas yang bekerja untuk Anda, Anda bisa coba mengganti atau mengubah code aplikasi dengan memakai editor faksi ke-3 untuk memperbaki permasalahan ini. Turuti beberapa langkah ini untuk ketahui langkah melakukan.

  • Ambil dan Instal Editor APK ini di piranti Android Anda
  • Sesudah diinstall, lakukan dan ketok Select an Aplikasi File atau Select Aplikasi from App
  • Tentukan file Aplikasi yang memiliki masalah lalu ketok Common Ubah
  • Saat ini ganti lokasi instal aplikasi jadi Intern Only. Anda dapat mengganti Version Kode aplikasi sesuai keperluan Anda
  • Sesudah modifikasi, ketok Save dan keluar aplikasi

Saat ini coba instal versus aplikasi yang sudah diubah. Jika Anda telah memasang versus awalnya untuk aplikasi itu, pertama kali hapus dahulu instalasi itu, lalu instal versus modifikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terinstal di Xiaomi (MIUI)

Optimisasi MIUI dapat mengakibatkan berlangsungnya kekeliruan ini . Maka, Anda cukup mematikannya dan menginstal kembali. Anda bisa menonaktifkan Optimalisasi MIUI dari menu Pilihan Pengembang di Penataan Tambahan.

Ingat, Anda harus aktifkan model Developer lebih dulu untuk memakai sistem ini. Silakan googling di internet untuk ketahui langkah aktifkan Developer Options sama sesuai type dan merek HP Anda.

Itu langkah menangani aplikasi tidak terinstal di piranti Android. Saat ini Anda bisa memasang aplikasi yang Anda harapkan dan selamat bergembira.

Leave a Reply

Your email address will not be published.